Algoritma Game Space Blaster

Pada Flowchart di bawah ini menerangkan mengenai alur dari pada Space Blaster tersebut yaitu mulai permainan ke arena permainan jika ingin bermain akan memulai kembali atau jika ingin berhenti maka akan keluar dari arena permainan
Pada Permainan Space Blaster ini, suatu pesawat luar angkasa menjelajahi luar angkasa yang penuh dengan meteor , pesawat tersebut dilengkapi dengan laser dan pelindung terbatas yang digunakan untuk menghadapi meteor yang datang.
Terdapat tiga kelas utama yaitu, SpaceBlaster.java yang merupakan kegiatan utama yang memuat tata letak proses game dan kegiatan lain. SpaceBlasterGame.java mengatur permainan logika dan proses event tombol dan sentuhan dan ArcadeGame.java merangkum daripada fungsi umum dan menentukan loop perulangan permainan sampai aplikasi itu terhenti.
Pada awal permainan, posisi pesawat luar angkasa dikendalikan dengan menggunakan posisi sprite pada X dan Y, Pada ArcadeGame.java , ketika layout menginisialisasi, method daripada on Layout() akan memanggil initialize() dan startUpdateTimer(). Selanjutnya Timertask:run() akan meng-update kelas anak dan membatalakan tampilan dengan memanggil postInvalidate() , lalu akan mengulang sampai terdapat nilai pembaruan pada periode(mPeriode) dan nilai tersebut bisa di set untuk kelas utama dengan menggunakan SetUpdatePeriode.
Pada SpaceBlasterGame.java dimulai dengan menginisialisasi konteks Android dengan memanggil perintah super(context) dan mengatur update delay permainan sebesar 40 milidetik , lalu terdapat seri dari objek Paint yang mengatur style dan warna, Pada permainan ini objek Paint yang digunakan diantaranya mTextPaint untuk text , mBitmapPaint untuk semua jenis Bitmap, mLaserBarPaint untuk bar laser, mShieldbarPaint untuk bar pelindung, dan mShieldPaint untuk pelindung yang terdapat di pesawat tersebut yang akan aktif membentuk oval di sekitar pesawat jika mengenai meteor.

AudioClip.java , file java berikut ini menjelaskan tentang coding untung menyambungkan dengan audio atau suara yang terdapat pada folder res/raw tadi dengan mendeklarasikan sebuah mediaplayer yang digunakan untuk memutar file audio yang ada diantaranya sb_blast : efek suara menembakkan senjata, sb_collisn : efek suara tabrakan antara meteor dengan pesawat luar angkasa dan sb_mdestr : efek suara game over.

Jadi, Saat memulai permainan, meteor akan datang dengan posisi yg acak karena pada codingan telah diatur perhitungan angka yang sedemikian rupa, jika meteor itu mengenai pesawat yaitu posisi meteor mendekati posisi pesawat maka akan mengaktifkan pelindung yang secara default hanya terdapat 9 buah. Semakin mengenai meteor akan mengurangi jumlah pelindung tetapi pesawat juga dapat menembakkan laser ke meteor untuk melindunginya tetapi jumlah tersebut terbatas sama halnya dengan pelindung tetapi yang membedakan adalah laser akan muncul kembali seiringnya waktu. Untuk nilai diraih sampai terjadinya game over , nilai tersebut diatur dari perintah getScore().

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Algoritma Game Space Blaster"

Posting Komentar